Minggu, 27 Februari 2011

Jangan bersedih !


Apa sih kesedihan itu ?

Kesedihan adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan. Saat sedih, manusia sering menjadi lebih diam, kurang bersemangat, dan menarik diri. Kesedihan dapat juga dipandang sebagai penurunan suasana hati sementara, sementara depresi sering dicirikan dengan penurunan suasana hati yang persisten dan besar yang kadang disertai dengan gangguan terhadap kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan hariannya. Kesedihan adalah lawan dari kebahagiaan atau kegembiraan dan serupa dengan dukacita atau kesengsaraan.


Kenapa ada kesedihan?
  1. Karena terkadang fakta yang terjadi tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan. 
  2. Karena ada sesuatu yang belum pernah terjadi tiba-tiba terjadi sehingga membuat kita belum siap menerimanya.
  3. Karena adanya perasaan takut, belum siap, lemah dan merasa tidak percaya diri sehingga apabila diterpa masalah maka akan mudah mengalami kesedihan.
  4. Karena kesedihan itu bersifat relatif, terkadang mudah hilang atau dilupakan, tetapi tidak jarang kesedihan itu datang dan sulit untuk dihilangkan.
  5. Karena kesedihan selalu muncul apabila kita mengenang sesuatu hal buruk yang pernah terjadi sebelumnya.
  6. Karena kita selalu merasa lemah dan tidak sanggup untuk menghadapi dan menerima kenyataan yang sulit.
  7. Karena kesedihan merupakan suatu perasaan yang mudah timbul apabila kita sedang putus asa dan tidak bisa berpikiran positif.
  8. Karena kesedihan dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal yang berupa suasana, keadaan maupun lingkungan yang meruang lingkup kondisi bathin kita.
  9. Karena kesedihan selalu menghampiri jiwa yang sepi, hampa, dan lemah.
  10. Karena sesuatu yang sudah direncanakan tiba-tiba berubah haluan.
  11. Dan masih banyak lagi yang bisa menyebabkan kesedihan.

Allah SWT memberikan kita kebahagiaan dan kesedihan karena Allah SWT bersifat MAHA ADIL. Semua yang telah terjadi sudah merupakan rencana dari-NYA. Maka, janganlah kita menjauhi bahkan sampai melupakan Allah SWT ketika mengalami kesedihan, tetapi sebaliknya. Jika kita mau memahami dengan sabar, maka kita akan mengetahui manfaat/keuntungan dari kesedihan itu, antara lain sebagai berikut :
  1. Dengan adanya kesedihan, kita akan lebih selalu mengintropeksi diri. 
  2. Kita juga lebih sering bertawakal kepada Allah SWT.
  3. Kita lebih sering melihat ke bawah daripada ke atas, karena sesungguhnya masih banyak orang yang belum beruntung yang berada di sekitar kita.
  4. Kita lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak.
  5. Kita lebih sering berbicara menggunakan hati nurani kepada sesama manusia.
  6. Kita akan lebih sering bersyukur dan tidak mengeluh karena segala sesuatu berasal dari Allah SWT.
  7. Kita bisa merasakan perasaan orang lain ketika menghadapi suatu masalah yang sama dengan kita.
  8. Dengan adanya kesedihan maka kita akan lebih menghargai kebahagiaan dan kita akan lebih berusaha mempertahankannya dengan cara halal.
  9. Kesedihan dapat membuat kita berusaha memiliki sifat ikhlas, sabar, tabah, dan kuat dalam menghadapi persoalan hidup.
  10. Dengan adanya kesedihan maka kebahagiaan itu terasa lebih nikmat sehingga kita dengan ringan tangan berbagi/bersedekah dengan orang yang lebih membutuhkan.

Oleh karena itu, jalani kehidupan ini dengan penuh ketabahan, walaupun tak jarang kesedihan maupun kebahagiaan mengisi hidup ini. Jika kita ikhlas, kita mampu melewati kesedihan dan melewati kesedihan tanpa merasa sulit. Semua tergantung masing-masing pribadi manusia yang menghadapinya. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan Allah SWT dan makhluk-makhluk-NYA di muka bumi ini. Yang paling penting ketika kamu menghadapi kesedihan, janganlah mengeluh dan putus asa, melainkan bersyukur karena Allah sedang menguji ketabahan dan kesabaran kita, karena Allah SWT masih mempunyai banyak rahasia dan rencana lain bagi kehidupan kita yang tidak kita ketahui ke depannya.

Tetap Semangat yaa ! 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar