Selasa, 11 Januari 2011

Teman Atau Musuh



Manusia adalah makhluk sosial. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari kegiatan sosial yang membutuhkan peran orang lain. Sehebat-hebatnya kita dalam membangun diri sendiri pasti juga membutuhkan teman. Teman dapat kita cari dengan mudah atau tidaknya tergantung dari sikap yang kita ekspresikan kepadanya. Jika kamu menarik dalam berkomunikasi dan sangat menyenangkan maka teman akan mudah bersimpati kepada kamu. Maka kamu akan mempunyai banyak teman. Tetapi apabila kamu tidak bisa mempertahankan pertemanan kamu, maka bisa saja teman berubah menjadi musuh. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya proses perubahan teman menjadi musuh maka tips-tipsnya antara lain :

1. Hilangkan sifat egois ketika berteman.
            Sifat egois sangat tidak baik yang terkadang ada didalam tiap-tiap individu. Egois yang sering diartikan “mau menang sendiri” itu harus dibuang jauh-jauh, karena egois biasanya selalu mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama. Berusaha untuk mengalah dan jangan melihat dari segi harga diri yang harus selalu dinomor satukan.

2. Jangan suka berbohong, lebih baik terbuka walaupun sangat berat dilakukan.
            Kadang-kadang, kalau seseorang terjebak suatu masalah, ia akan cenderung menutupi dari temannya dengan cara berbohong atau mengalihkan permasalahannya sehingga ia semakin depresi akibat dari yang dilakukannya itu. Lebih baik terbuka walaupun itu sangat berat dilakukan karena teman-teman kita dapat memberi solusi pemecahannya, kita pun sedikit bisa lega karena telah berbagi cerita tentang masalah kita dan kita tahu kalau kita tidak sendiri. Mudah-mudahan saja teman kita tidak hanya ada ketika kita senang, tetapi juga selalu ada disaat kita sedih.

3. Kalau bercanda usahakan tidak berlebihan.
            Bercanda boleh-boleh saja dilakukan, tetapi kalau terlalu berlebihan maka dapat juga menimbulkan pertengkaran. Hal itu karena kita tidak bisa menebak apa isi hati yang dirasakan teman kita, jadi hindari saja agar tidak menimbulkan emosi pertengkaran.

4. Saling menghargai, jangan menyinggung perasaan teman.
            Ketika kita berbicara, terkadang apa yang kita ucapkan tanpa sengaja menyinggung teman kita sehingga ia menjadi marah. Oleh karena itu, kita perlu tahu seluk beluk tentang teman kita, apa yang tidak ia sukai, berusaha untuk menghargai dia maka dia juga akan menghargai kita.

5. Jangan memanfaatkan teman ataupun mau dimanfaatkan.
            Berusahalah untuk tidak memanfaatkan teman ketika ingin mendapatkan sesuatu. Apalagi dimanfaatkan teman yang ingin mencapai tujuan hidupnya. Ini bisa menjadi suatu konflik. So, jangan begini ya teman !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar